Pengertian CSS dan Sejarah




PENGERTIAN CSS

Cascading Style Sheet Atau di singkat dengan (CSS) adalah Bahasa pemograman yang mengatur Elemen pada Html agar bisa menjadi lebih, Terstruktur dan Memiliki tampilan yang menarik dilihat oleh pengunjung suatu website, Css umumnya di Gunakan untuk memformat Tampilan pada suatu website yang menggunakan HTML atau XML sebagai Kerangkanya. CSS Seperti Kanvas, Kuas dan Warna yang biasa di gunakan oleh pelukis, Karena Css sangat berpengaruh pada tampilan suatu website yang menurut pengunjung itu sangat memiliki Tampilan yang cantik dan menarik Tergantung dari Design yang di buat oleh Develover web.


Fungsi -fungsi CSS

  • Css dapat memperbesar kecil huruf
  • Bisa mengatur posisi gambar
  • Bisa mengatur baris huruf
  • Mengatur margin dan padding / Jarak antar elemen
  • Warna pada teks dan warna pada body background
  • dll
Dengan adanya CSS walaupun kerangka pada suatu website itu sama, Apabila design yang terdapat di css berbeda maka suatu website tersebut seolah-olah sangat berbeda dengan website lain.


Sejarah CSS

CSS Mulai berkembang Pesat Pada tahun 1994 yang di kembangakn oleh seorang Programer yang jenius yang bernaman Hakon Wium Lie dia menyatakan di dalam Konferensi W3C yang di laksanakan di Chicago, Dia Juga memiliki Rekan Kerja Dalam mengembankan CSS yang bernama Bert Bos , Mereka Pun Terus melakukan Riset 2 tahun Terakhir dan pada tahun 1996 pun CSS resmi di Publikasikan dan Di pakai Oleh Develover web. 

Nama CSS juga Di dapat dengan Hubungan Ayah dan Anak, Atau yang di maksud dengan (Parent Child), Di karenakan Meskipun Setiap Deklarasi Memiliki Style yang berbeda akan Tetapi Di css bisa di susun lagi secara berurutan, Sehingga bisa membentuk suatu susunan yang pas dan Menarik.


Versi CSS

CSS juga memiliki Versi dalam Penggunaan Kodenya Contoh : 

Versi CCS 1, Pada Versi ini CSS masih memiliki Kode yang kompleks dan sederhana yang hanya memiliki Fitur mengatur suatu teks menjadi tebal, Warna teks, dan jarak antar elemen (padding dan margin ).

Versi CSS 2, Pada Versi ini CSS Tidak memiliki Fitur baru akan Tetapi pada Versi ini hanya mengoptimalkan Bahasa Pemogramanny yang bisa di tampilkan lebih banyak Tempat Aplikasi web browser.

Versi CSS 3, Pada Versi ini CSS sudah mulai banyak menambahkan Fitur, Pada versi ini CSS juga memiliki Animasi dalam Kodenya, Pada versi ini juga CSS di dukung denga Query sehingga Tampilan website juga di atur dalam bahasa pemograman sehingga suatu website memiliki Navigasi yang baik, yang di bantu oleh bahasa pemograman query. VERSI ini Juga yang membuat Agara website bisa di tampilkan kedalam SmartPhone yang bisa di Sesuaikan dengan Ukuran Smartphone Apapun atau yang di kenal Dengan RESPONSIVE WEBSITE.


Terima kasih itulah Penjelasan dari saya, semoga bermanfaat. Apabila ada pertanyaan silahkan Isi kolom komentar di bawah.


Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon