Tipe data operator bilangan bulat dalam java

Dalam menentukan variabel bilangan kita harus menyesuaikan variabel agar tidak terjadi Syntax eror atau pun logic eror, dalam menentukan tipe data yang ingin kita variabel kan kita harus tau tipe data apa saja yang cocok. nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan contoh-contoh tipe data yang sesuai, agar dapat membuat suatu variabel yang benar.Baiklah cermati contoh tipe data yang saya contoh kan di bawah ini dan penjelasan dari masing-masing tipe datanya.





Ciri-ciri variabel Tipe data (byte,short,int)

  • byte (Integer 8-bit)  Merupakan tipe data yang hanya memiliki rentang nilai dari -128 sampai dengan 127, Apabila melebihi nilai maka syntax akan eror.
  • short (Integer 16-bit) Merupakan tipe data yang memiliki rentang nilai -32768 sampai dengan 3276,Apabila melebihi itu maka Syntax akan eror.
  • int (32-bit) Merupakan tipe data yang paling sering di gunakan untuk menyatakan angka dalam variabel java, karena tipe data ini sangat efisien dari pada tipe Integer lainya,tipe data ini memiliki rentang nilai -2147483648 sampai dengan 2147483647;
Contoh koding


Hasil koding di atas




Ciri-ciri variabel Tipe data (Long).

  • long (Integer-64bit)  Merupakan tipe data yang di tujukan untuk menyelesaikan kasus tertentu karena tipe data ini, Memiliki rentang yang melebihi tipe data int dan tipe data ini memiliki range lebih tinggi dari tipe data yang lain.
Contoh koding



Hasil koding di atas

Baiklah itu saja yang dapat saya bagi kali ini, Postingan selanjutnya saya akan membagikan Tentang tipe data Floating point, Karakter, dan boolean. Apabila ada Pertanyaan silahkan ajukan di kolom komentar, Terimakasih Jangan lupa untuk terus mengikuti blog ini ya.







Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon