Pengertian Tipe data dan variabel dalam Java

variabel pada pemograman java Dan tipe-tipe data di dalam program java adalah sebuah satu kesatuan di dalam source kode di dalam java. Tipe-tipe data di pemograman java juga sering di sebut dengan Tipe data Premitive, Apa yang di maksud dengan tipe data Premitive ? baiklah simak di bawah ini.




Tipe Data

Tipe data adalah metode mendefinisikan penyimpanan Dan di persentasi kan kedalam Program yang akan di buat dan di bantu oleh variabel yang tepat agar menjadi suatu program yang tersusun dan dapat dijalankan oleh program java. 

Contoh Tipe data Premitive:

1. byte
2. short
3. integer
4. long
5. float
6. double
7. char 
8. boolean
9. string


Sedangkan Tipe data Premitive adalah Tipe data tetap dalam java yang tidak dapat di turunkan dengan objek manapun, Karena tipe data ini Tidak dapat di ganti dengan tipe data Referensi Contohnya : Class,array,


Variabel

Variabel adalah wadah penyimpanan suatu data yang memiliki nilai/value pada memori dan dapat di ubah pada saat ingin mengeksekusi program apa bila terjadi kesalahan Syntax, Di karenakan Java sendiri dikenal dengan bahasa pemograman yang memiliki sifat Strongly Typed yang berarti, Harus mendeklarasikan tipe dari semua variabel, Apabila lupa atau salah mengikuti aturan pada saat mendeklarasikan variabel maka akan mendapat error pada saat menjalankan program.


Aturan Penulisan Variabel

Variable sendiri juga memiliki aturan dalam mendeklarasikan suatu nilai/value baik berupa angka maupun huruf apabila kita asal-asalan memasukan variabel kedalam tipe data maka syntax java akan menjadi error dan program tidak dapat dijalankan, Jadi kita harus memahami setiap fungsi pada tipe data dan Variabel.

 - Huruf yang bisa di tulis kedalam Variabel "a " "a " dan "A" "A".
 - Simbol yang bisa di masukan "_" dan  "$.
 - Angka yang bisa di masukan "0" sampai "9"

Selain dari simbol di atas tidak dapat di masukan kedalam variabel.

Contoh penulisan variabel Yang Memasukan angka

1.Contoh byte, short, int



Dari coding diatas maka menghasilkan :

a = 128
b = 32767
c = 2147


Contoh coding di atas hanya menampilkan apa yang kita deklarasikan dengan Sytem.out.println agar mencetak huruf yang di dalam kutip dan memasukan variabel yang kita deklarasikan tadi kedalam Sytem print out nya.

Baiklah sekian dari saya semoga apa yang post kali ini akan menambah wawasan teman-teman yang membaca blog saya, Terima kasih.

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon