Mengenali masalah yang terjadi pada komputer dari suara Beep


cara mengenali masalah komputer dari beep





Beep Merupakan suatu kondisi di mana sebuah perangkat komputer terjadi kesalahan dalam memasang perangakat maupun kondisi perangkat tersebut memang sudah rusak oleh karena itu sebelum belajar merakit pc ada baiknya untuk mengetahui fungsi dari suara beep.

1.Apabila komputer dinyalakan tetapi ada tanda bunyi 1,2 sampai 5 kali maka yang perlu di periksa adalah:
Chip memory atau chip CDMA kurang bagus atau chip memory addressing kurang baik pada main boardnya. Jika ini terjadi salah satu cara untuk mengatasinya adalah matikan komputer lalu betulkan posisi SDRAM kemudian di nyalakan kembali , bila tetap demikian kerusakan mungkin terjadi Pada slot RAM tersebut, untuk slot RAM tersebut posisinya telah tersolder dengan motherboardnya maka motherboard tersebut tidak bisa di pakai lagi maka sebaiknya mengganti dengan yang baru.


2.Bila tanda bunyi 6 kali, maka yang perlu di periksa adalah:
keyboard controler yang bermasalah, Maka di coba untuk melepaskan keyboard controler tersebut dan memasangkan nya kembali, Apa bila keyboard tersebut bisa di gunakan kembali, Maka yang salah hanya keyboard controlerny kurang terpasang dengan benar.


3.Bila tanda bunyi 7 kali, maka yang perlu di periksa adalah :

Chip CPU tidak berfungsi dengan baik atau adakalanya mati, langkah selanjutnya adalah mengganti dengan yang baru, ini tidak bisa di perbaiki selain oleh pabrik pembuat motherboard tersebut.


4.Bila tanda bunyi 8 kali, maka yang perlu di periksa adalah :
VIDEO CARD/VGA kurang benar memasangkan ke slot nya, pastikan posisinya cabut dan pasang kembali dengan benar lalu kunci kembali VGA tersebut. lalu di coba untuk menyalakan kembali komputer lalu di tes apakah masih mengeluarkan suara beep ?. apa bila tidak mengluarkan suara beep lagi maka hanya posisi vga nya saja yang kurang benar.


5.Bila tanda bunyi 9 kali, maka yang perlu di periksa adalah :

Kerusakan pada ROM BIOS nya , ini dapat diganti dengan ROM BIOS yang baru.


6.Bila tanda bunyi 10 kali, maka yang perlu di periksa adalah :
Kegagalan dalam pencatatan CMOS RAM , di mana system tidak dapat melakukan pencatatan dengan benar, langkah selanjutnya adalah mengganti cache memory tersebut, Sehingga komputer akan mati /shutdown. langkah selanjutnya coba menyalakan kembali apabila masih tidak bisa, maka motherboard tersebut tidak bisa di pakai kembali.


7.Bila tanda bunyi 11 kali, maka yang perlu di periksa adalah :
Chace memory rusak , kegagalan dalam melakukan tes cache memory. langkah selanjutnya adalah mengganti chace memory tersebut.Semua ini disampaikan oleh motherboard yang di rancang / dibuat oleh American Megatrends, inc, sedangkan dari motherboard yang lain biasany memiliki bunyi yang berbeda.

Sekian dari saya semoga bermanfaat.

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon